Sektor Pariwisata merasakan dampak besar dari Pandemi Covid-19 di Indonesia. Data BPS Indonesia, terdapat pertumbuhan negatif di Triwulan I 2020 atas kedatangan wisatawan mancangeara, yaitu minus 30,62% dengan dibandingkan 2019. Menurut Jubir Penanganan Covid-19 Kemenparekraf RI (Kata Data, 2020), terdapat 30.421 tenaga kerja wisata terkena PHK, 6.724 tenaga kerja wisata dirumahkan temporer, dan 38 sektor informal juga terdampak. Sayangnya, data ini masih terus berjalan.

Merujuk Provinsi Bali yang menggantungkan perekonomiannya pada sektor Pariwisata, BPS Provinsi Bali menyatakan tekanan terhadap ekonomi Bali pada Trwiulan I (Januari-Maret) 2020 menjadi yang terkeras selama 4 tahun terakhir sejak tahun 2017 (Kompas, 2020). Ini diduga kuat karena Covid-19.

Lantas, seperti apa bentuk tanggung jawab dari Pemerintah serta upaya penghormatan dari Sektor Bisnis terhadap pekerja dan masyarakat yang hidup dari Sektor Pariwisata? Apa yang harus dilakukan masyarakat sipil? Ikuti Relay Livestream Talkshow “Dampak Covid-19 terhadap Industri Pariwisata dan Upaya Penanggulangan Berbagai Pihak” ini.

 Narasumber:

Ir. Wawan Rusiawan, MM (Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia)

Dr. Ir. Sutrisno Iwantono (Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia)

I Wayan Suardana (Dewan Nasional Walhi)

Andi Muttaqien (Deputi Direktur Advokasi ELSAM)

Moderator: Vita Yudhani (ELSAM)

Rekaman Video

Unduh Materi Narasumber Ir. Wawan Rusiawan, MM (Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia)

Unduh Materi Narasumber Dr. Ir. Sutrisno Iwantono (Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia)

Unduh Materi Narasumber Andi Muttaqien (Deputi Direktur Advokasi ELSAM)