Setelah lewat satu tahun, bagaimana perkembangan situasinya, khususnya di akhir tahun 2012 yang baru saja kita lewati? Adakah perubahan/perkembangan yang bermakna? Tetap pada situasi yang sama seperti di tahun sebelumnya, mengalami kemandegan (stagnasi), atau malah semakin buruk? Atau sebaliknya, mampu membaik? Mengapa? Sejauh mana para pemangku kewajiban memperhatikan rekomendasi yang telah disampaikan ELSAM, atau melakukan langkah terobosan lainnya, demi pemajuan HAM yang diharapkan? Bagaimana prospeknya di tahun 2013 ini? Apa yang perlu dilakukan, oleh siapa, agar situasinya membaik?

Rangkaian pertanyaan di atas menjadi pemandu kajian ELSAM atas situasi HAM tahun 2012 dalam laporan ini. Data-data untuk kajian ini dikumpulkan baik dari hasil investigasi, pengamatan, wawancara, maupun dari sumber sekunder seperti laporan lain dan berita media massa. Dengan mendasarkan kepada kajian atas situasi tersebut, yang berbasiskan kepada hasil pemantauan terhadap perkembangan situasi HAM di delapan isu yang ditekuni dan diadvokasi ELSAM selama ini. ELSAM menilai bahwa situasi HAM di Indonesia selama tahun 2012 tetap buruk dan tidak beranjak menjadi lebih baik. Di tahun 2012 ini, HAM tetap diabaikan, sementara kekerasan meningkat. Peningkatan kekerasan dan pengabaian HAM tersebut tampak dari: (1) mengulang tahun-tahun sebelumnya, negara seringkali absen saat dibutuhkan, (2) bukannya melindungi, negara justru mencurigai dan/atau melakukan kekerasan terhadap warganya, dan (3) negara tak mampu menghadirkan keadilan, terutama karena institusi penegakan hukum masih belum berfungsi efektif bagi pemajuan HAM, khususnya dalam menghukum para pelaku kekerasan dan pelanggaran HAM, selain juga dalam memberi keadilan bagi korban.

Dengan mendasarkan kepada temuan tersebut, ELSAM menilai bahwa secara umum nyaris tak ada usaha yang berarti bagi pemajuan HAM, terutama dari institusi strategis seperti Pemerintah/Presiden berikut jajarannya, maupun DPR. Kalau pun ada, justru dari institusi seperti Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) serta satu-dua pemerintah daerah. Di laporan tahun 2011 lalu, ELSAM telah mencoba menumbuhkan harapan bagi pemajuan HAM dengan menyampaikan sejumlah rekomendasi bagi institusi-institusi strategis tersebut, namun tampaknya perbaikan yang ditunggu tidak kunjung terjadi hingga tahun 2012 berakhir. Yang terjadi justru kekerasan meningkat dan HAM tetap diabaikan.

Untuk membaca laporan HAM ini, silakan http://perpustakaan.elsam.or.id/index.php?p=show_detail&id=14437&keywords=tahun+peningkatan