Belum beranjak dibanding tahun 2012, situasi HAM di periode empat bulan pertama tahun 2013 ini ternyata juga masih belum menggembirakan. Tidak sekadar tidak ada perkembangan berarti dibanding situasi di tahun sebelumnya –yang sudah kami laporkan lewat dokumen terpisah pada Januari 2013 lalu- namun justru ada kecenderungan makin buruk, khususnya sehubungan dengan situasi atas hak-hak tertentu, misalnya hak hidup dan hak atas rasa aman.

ELSAM menilai bahwa situasi HAM di Indonesia selama periode pelaporan ini ternyata masih buruk. Bahkan mencemaskan, mengingat setelah lewat lima belas tahun reformasi, kita kini seperti hendak kembali menuju ke titik awal, di mana HAM kembali, atau masih, dalam ancaman akibat kecenderungan menguatnya militerisme dan melemahnya daya penegakan HAM. Militerisme di sini dipahami sebagai paham yang mengedepankan kekerasan sebagai metode untuk menyelesaikan masalah, seperti yang dulu relatif dominan digunakan negara semasa Orde Baru berkuasa.

Untuk membaca laporan HAM ini, silakan http://perpustakaan.elsam.or.id/index.php?p=show_detail&id=14436&keywords=laporan